Program Studi Diploma Tiga Keperawatan

Program Studi Diploma Tiga Keperawatan menghasilkan ahli madya keperawatan yang mampu berperan sebagai pemberi pelayanan kesehatan yang profesional (care provider).

Visi Keilmuan

Menghasilkan lulusan vokasi yang unggul dalam memberikan asuhan keperawatan penyakit kronis .

Misi Keilmuan

Misi Program Studi D3 Keperawatan yaitu menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam tatanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus melalui akademik yang dilandasi nilai-nilai Kristiani dengan cara :

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang bermutu untuk menghasilkan tenaga keperawatan yang terampil, professional khususnya dalam perawatan penyakit kronis, berbelarasa dan menjaga keutuhan alam ciptaan serta mampu berdaya saing demi terwujudnya kepuasan stakeholders;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya terkait penyakit kronis yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan
  3. Membangun jejaring kemitraan khususnya pada perawatan penyakit kronis dengan institusi dalam dan luar negeri

Tujuan program studi D3 Keperawatan:

  1. Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan sebagai perawat vokasional yang memiliki pengetahuan mengenai masalah umum kesehatan saat ini dan yang akan datang, serta mampu melaksanakan peran dan fungsi sebagai berikut :

    Dalam bidang pelaksanaan asuhan keperawatan : Melaksanakan asuhan keperawatan umum pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat khususnya pada penyakit kronis.

    Dalam bidang pengelolaan keperawatan : Mengelola pelayanan/asuhan keperawatan dalam lingkup tanggung jawabnya.

    Dalam bidang pendidikan keperawatan : Mendidik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat serta tenaga keperawatan yang berada di bawah tanggung jawabnya.

  2. Mengembangkan pendidikan keperawatan dengan memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan penelitian dalam bidang keperawatan dengan menerapkan prinsip-prinsip dan pendekatan penelitian untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan, serta mengelola kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang penyakit kronis
  3. Mempertahankan mutu pendidikan dengan bekerja sama menggunakan fasilitas serta sumber-sumber pendidikan dari universitas atau institusi akademik dan non-akademik yang lain khususnya dalam bidang penyakit kronis. 

      Peluang Kerja

      Rumah Sakit, Perusahaan, PNS

      Sistem Pendidikan

      Masa Studi : 3 Tahun / 6 Semester
      Maksimal SKS : 116 SKS
      Gelar : A.Md. Kep

      Persyaratan

      1. Ijazah/Tanda Lulus dari SMA semua jurusan dan SMK jurusan Keperawatan/Farmasi.
      2. Tinggi badan minimum laki-laki: 155 cm, dan perempuan: 150cm.
      3. Lulus semua tahapan seleksi.

      Ketua Program Studi

      Ns. Yosi Maria Wijaya, S. Kep., M.Si.